Sementara saya memuji Pemerintah atas inisiatifnya untuk mempromosikan digitalisasi dan untuk merumuskan langkah-langkah aman di tengah pandemi Covid-19, tampaknya masih ada kesenjangan dalam hal ketersediaan fasilitas untuk mendukung inisiatif tersebut.
Saya ingin berbagi pengalaman baru-baru ini untuk mengilustrasikan hal ini.
Dalam seminggu terakhir, rumah saya mengalami renovasi sebagai bagian dari Program Perbaikan Rumah (HIP).
Sementara saya menghargai bahwa area istirahat dan kerja didirikan di dekatnya untuk kami gunakan karena kami tidak diizinkan untuk tinggal di unit kami di tengah pekerjaan renovasi, saya bingung bahwa daerah tersebut tidak memiliki koneksi internet.
Karena kebanyakan orang masih didorong untuk bekerja dari rumah karena pandemi, kurangnya konektivitas Internet di stasiun kerja semacam itu tidak membantu.
Saya pergi ke kantor HIP untuk menanyakan dan diberitahu bahwa aplikasi ke Singtel untuk layanan Wi-Fi tidak disetujui. Alasan untuk ini tidak disebutkan.
Kemudian saya berkeliling lingkungan untuk mencari tempat yang menyediakan akses Internet gratis. Untungnya, ada beberapa tempat, seperti pusat jajanan, yang menyediakan Wi-Fi gratis di bawah skema Wireless@SG. Namun, tidak ada outlet listrik yang ditemukan.
Ketika saya pergi ke sebelah perpustakaan, saya menemukan bahwa semua meja kerja sudah terisi. Ketika saya akhirnya menemukan ruang kosong di meja di mana ada orang lain yang duduk, saya diberitahu oleh staf keamanan bahwa saya tidak diizinkan duduk di sana.
Ini terlepas dari kenyataan bahwa saya telah memastikan orang itu dan saya setidaknya terpisah 1m dan saya mengenakan topeng saya sepanjang waktu.
Keesokan harinya, saya pergi ke pusat komunitas. Saya bertanya apakah ada ruang kerja yang bisa saya gunakan, dengan stopkontak yang bisa saya hubungkan ke laptop saya. Saya diarahkan ke meja dengan satu-satunya stopkontak yang dapat digunakan; Sisa outlet listrik terkunci.
Pada hari ketiga, saya berjalan ke meja yang sama di pusat komunitas yang sama. Tetapi saya diberitahu bahwa saya tidak dapat menggunakan stopkontak itu jika itu menyebabkan perjalanan listrik. Saya tidak mengerti bagaimana laptop kerja saya dapat menyebabkan power trip.
Saya kemudian bertanya dengan sopan apakah ada ruang lain di pusat komunitas dengan stopkontak yang dapat digunakan, tetapi diberitahu bahwa tidak ada.
Sangat mengecewakan bahwa ketika kita bergerak menuju menjadi Bangsa yang Cerdas, saya mengalami ketidaknyamanan yang dapat dengan mudah diatasi.
Saya mendesak pihak-pihak terkait untuk melihat masalah ini dan mudah-mudahan meningkatkan fasilitas ini segera.
Kevin Tong